Senin, 06 November 2023

SEL.11.2-T3-8 Aksi Nyata - PERSPEKTIF SOSIOKULTUR DALAM PENDIDIKAN

SEL.11.2-T3-8 Aksi Nyata

PERSPEKTIF SOSIOKULTUR DALAM PENDIDIKAN

Iva Arin L

PPG Prajabatan Gel 1 Tahun 2023

 Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

Topik ini membahas tentang pendidikan yang ada di Indonesia, dimana dalam memandang pendidikan seorang guru harus memiliki pemikiran sosial,budaya, ekonomi, dan politik. Sehingga guru dapat memahami topik ini melalui referensi pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang menerapkan perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik.

2.      Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?

Saya memahami ide Vygotsky yang berfokus pada proses kognitif individu. Oleh karena itu selain dikenal sebagai aspek kognitif sosiokultural. Vygotsky menenekankan bahwa pentingnya interaksi sosial dengan orang yang memiliki pengetahuan system kultural yang lebih baik. Selain itu saya juga memiliki pemahaman tentang pengalaman sekolah siswa  hubungan antar pribadi yang memediasi pembelajaran mereka dan pengalaman sekolah mereka. Pendekatan sosiokultural memberikan pertimbangan yang lebih besar untuk konsepsi sosial pelajar dan hubungan belajar jika teori pembelajaran yang memadai sepenuhnya akan dibangun untuk pendidikan.

3.      Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?

Tantangan implementasi perspektif-perspektif ini dalam pembelajaran salah satunya adalah kurikulum yang terkadang terlalu terfokus pada aspek akademik saja, meninggalkan ruang yang terbatas untuk memasukkan isu-isu sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Para pendidik perlu memastikan bahwa materi yang diajarkan mencerminkan keberagaman dan  realitas dunia yang kompleks sehingga siswa dapat mengembangkan pemahaman yang holistik (menyeluruh). Siswa dan pendidik harus memiliki suara dalam menentukan apa yang diajarkan dan bagaimana itu diajarkan. Dalam era globalisasi ini, pembelajaran juga perlu melihat perspektif politik dalam konteks yang lebih luas. Isu-isu politik global seperti hak asasi manusia, perdamaian, keadilan sosial, dan demokrasi dapat menjadi bahan diskusi yang menarik dalam pembelajaran. Melalui pemahaman tentang isu-isu politik, siswa dapat mengembangkan sikap kritis, partisipatif, dan bertanggung jawab terhadap  masyarakat di sekitarnya.

4.      Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

Dari proses diskusi, guru harus memahami siswa berdasarkan faktor sosiokultural orang tua dan mendata gaya belajar siswa sehingga ketika ada permasalahan dengan peserta didik, guru dan pihak sekolah memperhatikan faktor sosiokultural terlebih dahulu sehingga dapat lebih berpihak pada peserta didik. Saya juga telah belajar merencanakan pembelajaran sehingga dapat mewadahi keberagaman karakter peserta didik. Keterlibatan peserta didik dapat mempengaruhi proses dan kualitas pendidikan, seperti diskusi kelompok, komunitas belajar, jum’at bersih dan kegiatan lain yang berkaitan dengan interaksi peserta didik.

5.      Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini? Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ? Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?

Dengan kegiatan menganalisis pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang menerapkan perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dari berbagai referensi dan praktik yang ada saya dapat memberikan argumen dalam diskusi  mengenai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang menerapkan perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Dalam pembelajaran dari berbagai referensi dan praktek yang ada pada kegiatan sebelumnya saya dapat menyimpulkan pentingnya menerapkan pendekatan pembelajaran dengan menggunakan perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Saya ingin mempelajari lebih lanjut mengenai strategi pembalajaran yang dapat mendukung keberagaman dalam proses belajar.

6.      Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?

Pemahaman mengenai materi kuliah ini adalah penerapan perspektif sosiokultur Pandangan saya yang mempertimbangkan pengaruh sosial, budaya, ekonomi dan politik terhadap proses dan hasil belajar siswa termasuk interaksi sosial di lingkungan belajar, pengaruh kelompok sosial dan peran budaya dalam pembelajaran.menurut saya semua memiliki keterkaitan dalam membentuk pembelajaran yang nantinya sesuai dengan peserta didik dan mencapai tujuan pembelajaran. Pembahasan materi penerapan startegi pendidikan di Indonesia dalam proses pembelajaran, dijelaskan bahwa pentingnya penerapan strategi dalam mengembangkan karakter yang mandiri dan berguna bagi semua orang. Penerapan perspektif sosiokultur dapat menciptakan lingkungan belajar yang adaptif dengan memperhatikan keberagaman siswa dan memberikan pengakuan pada perbedaan sosial dan budaya di lingkungan belajar.

7.      Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru? Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya? Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?

Saya bisa merubah pembelajaran yang bersifat teacher center menuju pada student center.. Guru dapat merangsang minat peserta didik melalui strategi yang sesuai. Kesiapan saya adalah 8 karena sebagian besar sudah memahami materi yang ada pada mata kuliah PPG dan selanjutnya bisa saya gunakan bekal untuk penerapan di kelas. Hal yang nantinya perlu saya siapkan adalah memperhatikan latar belakang siswa guna menentukan strategi pembelajaran yang tepat untuk menunjukkan hasil pembelajaran yang maskimal.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Iva Arin Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template