SEL.11.2-T2-8 Aksi Nyata
Pada akhir pembelajaran
setiap topik, Anda diminta untuk merefleksikan pembelajaran dalam blog
masing-masing, dengan menggunakan alur MERDEKA seperti dalam proses
pembelajarannya. Anda bisa menceritakan refleksi Anda dengan caranya
masing-masing, bisa narasi yang dilengkapi visual, ataupun narasi saja, atau
model kreatif lainnya. Berikut ini panduan pertanyaan yang dapat membantu Anda
menuliskan blog:
1.
Apa yang Anda pikirkan tentang topik
ini sebelum memulai proses pembelajaran?
Status
ekonomi sosial (SES) masing-masing individu dapat mempengaruhi pencapaian dari
prestasi dan keberlanjutan karir yang mampu diperoleh. Empat faktor utama yang
melatarbelakangi pendidikan individu tersebut mendukung perkembangan dan
pertumbuhan, sehingga membentuk suatu karakter yang menyadari pentingnya
pendidikan dalam pembengunan bangsa.
2.
Apa yang Anda pelajari dari konsep
yang Anda pelajari dalam topik ini?
Untuk
mencapai keberhasillan pendidikan, ada faktor sosial, budaya, ekonomi dan politik
yang mempengaruhi. Dengan kondisi dan latar belakang peserta didik yang Berbeda,
maka sebagai pendidik harus bisa memilih metode, strategi dan teknik untuk mencapai
kebutuhan dan kemampuan belajar. Status Ekonomi Sosial (SES) adala cara
mengelompokkan keluarga berdasarkan kemampuan ekonomi dan status sosialnya. Hal
tersebut penting dalam pengajaran karena setiap peserta didik memiliki latar
belakang yang berbeda-beda. Simpulannya semakin tinggi SES orang tua maka
semakin tinggi pula kesempatan peserta didik memperoleh fasilitas belajar yang
memadai yang dapat mendorong motivasi belajar prestasi didik.
3.
Apa yang Anda pelajari lebih lanjut
bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?
Dalam
ruang kolaborasi, saya mendiskusikan studi kasus yang ada di dalam 3 judul
bacaan, yaitu “Belajar Berdemokrasi” “Ray Si Pecandu Online Game” dalam buku
Mengajar untuk Perubahan dan “Literasi Dasar” dari buku Melawan Setan Bermata
Runcing. Studi kasus dalam 3 judul bacaan tersebut membahas tentang hubungan
sosiokultural dan pengaruhnya terhadap pendidikan. Dari 3 judul bacaan
tersebut, saya sebagai pendidik terinspirasi untuk membimbing peserta didik dan
masyarakat sekitar tentang pentinya pendidikan dan menanamkan nilai-nilai
keberagaman sosial, budaya, ekonomi dan politik, juga memberikan fasilitas pendidikan
yang baik.
4.
Apa hal penting yang Anda pelajari
dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa
tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?
Yang
saya pelajari dalam demonstrasi kontekstual adalah saya saling mengevaluasi
hasil kerja kelompok pada ruang kolaborasi. Saya berpendapat juga sanggahan terhadap
studi kasus yang saya kerjakan pada ruang kolaborasi.
5.
Sejauh ini, apa yang sudah Anda
pahami tentang topik ini?
Apa
hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum
pembelajaran dimulai?
Apa
yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?
Saya
menyimpulkan bahwa SES dan CHAT sangat mempengaruhi perkembangan, pembelajaran
danprestasi peserta didik. Peran orang tua,guru, teman dan masyarakat juga
mendukung perkembangan peserta didik.
SES
menentukan sejauh mana peserta didik memperoleh fasilitas pendidikan juga interaksi.
Orang dewasa dan lingkungan masyarakat mempunyai tanggung jawab untuk membantu peserta
didik berkembang kearah yang benar. Sebagai pendidik, perlu menerapkan strategi
pengajaran dan asesmen yang sesuai dengan latar belakang peserta didik,
sehingga dapat membantu mereka mencapai keberhasilan pendidikan.
6.
Apa yang Anda pelajari dari koneksi
antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah
lain?
Kondisi
alam yang beraneka ragam membuat masyarakat Indonesia memiliki pengalaman yang
beragam. Maka, dengan memberikan pendidikan yang adil kepada setiap. Adil pada
konteks ini adalah dengan memberikan pendidikan sesuai dengan haknya melalui
proses pembelajaran yang tanggap budaya atau biasa dikenal dengan Culturally
Responsive Teaching (CRT).
Pendidikan
anak perlu mempertimbangkan kodrat alam dan kodrat zaman. Kodrat alam mencakup
sifat-sifat dan kecenderungan bawaan anak. Setiap anak memiliki potensi dan
bakat yang berbeda. Pendidikan yang memahami kodrat alam akan membantu mengembangkan
potensi anak sesuai dengan kecenderungan/minat mereka. Kodrat zaman mencakup
tentang perubahan dalam masyarakat, teknologi dan nilai-nilai yang mempengaruhi
pertumbuhan anak. Pendidikan harus mengikuti perkembangan zaman agar relevan
dan efektif.
Guru
dapat informasi bahan sumber daya yang mencerminkan beragam budaya dalam
pengajaran mereka. Hal tersebut dapat mencakup buku teks, video, gambar, atau
materi
sumber
daya lainnya yang mencakup berbagai perspektif budaya. Pendidikan perlu
mengajarkan keterampilan dan pengetahuan yang sesuai dengan tuntutan zaman,
seperti isu-isu sosial yang relevan, literasi digital (e-book), dan pemahaman
tentang perkembangan teknologi.
7.
Apa manfaat pembelajaran ini untuk
kesiapan Anda sebagai guru?
Bagaimana
Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?
Apa
yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan
optimal?
Manfaat
dari mempelajari topik ini adalah pembuka pandangan terkait pengaruh SES dengan
dasar sosiokultural dan penerapannya dalam proses pembelajaran berdasarkan
karakteristik, kebutuhan dan kesiapan belajar peserta didik. Kesiapan saya
berada pada rating 8, sebab saya sudah mempelajari konsep SES dalam sosiokulural.
Saya mendalami lagi untuk meningkatkan kemampuan supaya saya dapat menentukan
strategi dan asesmen pengajaran yang adil.
Iva Arin L
PPG Prajabatan 2023
0 komentar:
Posting Komentar